Beranda | Artikel
Bab Jialah
Kamis, 19 November 2020

Bersama Pemateri :
Ustadz Erwandi Tarmizi

Bab Jialah merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. dalam pembahasan Kitab Zadul Mustaqni. Kajian ini disampaikan pada Kamis, 3 Rabiul Akhir 1442 H / 19 November 2020 M.

Kajian Islam Ilmiah Tentang Bab Jialah

Kita akan melanjutkan pada باب الجعالة. Di sini mualif menjelaskan dari akad jialah atau jaalah atau jualah ini dengan perkataan beliau:

أن يجعل شيئا معلوما

“Yaitu seseorang memberikan atau mentapkan atau meletakkan sesuatu yang jelas.”

Apa yang ditentukan di sini?

Umpamanya dia mengatakan: “Satu milyar bagi orang yang bisa membuatkan desain untuk perusahaan saya yang desainnya saya suka.” Pada kalimat ini, satu milyarnya jelas. Tapi ini untuk siapa? Bagi orang yang tidak tertentu, siapa saja. Yang dimaksudkan di sini bukan orangnya, tapi pekerjaannya.

Berbeda dengan akad ijarah dimana musta’jir (pemberi upah) berakad dengan pihak yang jelas. Misalnya berakad dengan pihak perusahaan pembuat logo lalu dia katakan: “Saya ingin membuat logo perusahaan seperti ini, seperti ini, seperti ini. Saya berikan anda uang satu milyar.” Ini akadnya ijarah, bukan jialah/jaalah/jualah.

Kalau jualah, dia umum. Siapa saja yang bisa membuatkan.

عملا معلوما أو مجهولا

“Pekerjaannya bisa jelas atau bisa tidak jelas.”

Kalau jelas, umpamanya dia mengatakan: “Satu triliun untuk yang menemukan emas di tanah saya sebanyak 5 ton.” Ini pekerjaannya bisa jelas bisa tidak jelas. Karena 5 ton kemungkinan yang ada di tanahnya lebih dari itu kemungkinan kurang. Berarti ini majhul.

Atau misalnya seseorang mengatakan: “Yang menemukan sumber air dengan kualitas sangat bagus sebanyak sekian ribu barel, saya berikan untuk dia lima milyar.” Ini kan tidak jelas.

مدة معلومة أو مجهولة

“Bisa jadi juga waktunya jelas atau tidak jelas.”

Kalau waktunya jelas, dia tentukan dengan sekian hari. Bisa jadi waktunya ketika sudah dicari berhari-hari bahkan berpekan dan berbulan ternyata tidak menemukan yang dimaksudkan tadi. Maka di sini  perbedaan dengan akad ijarah. Kalau akad ijarah, pekerjaannya jelas atau waktunya jelas.

Bagaimana penjelasan rincinya? Mari download mp3 kajian tafsir yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian Bab Jialah

Download mp3 kajian yang lain di mp3.radiorodja.com


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/49426-bab-jialah/